Selasa, 17 Juni 2014



PROSPEK LULUSAN AKUNTANSI

 


 Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Akuntansi seringkali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi yang berupa data-data keuangan perusahaan yang dapat digunakan guna pengambilan keputusan. Setiap perusahaan memerlukan dua macam informasi  tentang perusahaannya yaitu informasi mengenai nilai perusahaan dan informasi tentang laba/rugi usaha. Kedua informasi tersebut berguna untuk: Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan. Mengetahui perkembangan atau maju mundurnya perusahan.Sebagai dasar untuk perhitunngan pajak: menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain, dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh, m0enarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas.



Untuk memperoleh informasi-informasi tersebut diatas, pengusaha hendaknya mengadakan catatan yang teratur mengenai transaksi-transaksi yang dilakukan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang. Didalam ilmu akuntansi telah berkembang bidang-bidang khusus dimana perkembangan tersebut disebabkan oleh meningkatnya jumlah dan ukuran perusahaan serta peraturan pemerintah. Adapun bidang-bidang akuntansi yang telah mengalami perkembangan antara lain sebagai berikut:
  1. Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting) menyangkut pencatatan transaksi-transaksi suatu perusahaan dan penyusunan laporan berkala dimana laporan tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi manajemen, para pemilik dan kreditor.
  2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)  merupakan suatu bidang yang menyangkut pemeriksaan laporan-laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas yaitu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan kebenarannya.
  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting) merupakan bidang akuntansi yang menggunakan baik data historis maupun data data taksiran dalam membantu manajemen untuk merencanakan operasi-operasi dimasa yang akan datang.
  4. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) mencakup penyusunan laporan-laporan pajak dan pertimbangan tentang konsekuensi-konsekuensi dari transaksi-transaksi perusahaan yang akan terjadi.
  5. Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting) merupakan bidang akuntansi yang merencanakan operasi-operasi keuangan (anggaran) untuk suatu periode dan memberikan perbandingan antara operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi yang direncanakan.
  6. Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting) merupakan bidang yang mengkhususkan diri dalam pencatatan transaksi-transaksi perusahaan yang tidak mencari laba seperti organisasi keagamaan dan yayasan-yayasan sosial.
  7. Akuntansi Biaya (Cost Accounting) merupakan bidanng yang menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang pada umumnya terdapat dalam persahaan industri.
  8. Sistem Akuntansi (Accounting System) meliputi semua tehnik, metode dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dalam rangka memperoleh pengendalian intern yang baik, dimana pengendalian intern merupakan suatu sistem pengendalian yang diperoleh dengan adanya struktur organisasi yang memungkinkan adanya pembagian tugas dan sumber daya manusia yang cakap dan praktek-praktek yangn sehat.
  9. Akuntansi Sosial (Social Accounting) merupakan bidang yang terbaru dalam akuntansi dan yang paling sulit untuk diterangkan   secara singkat, kerena menyangkut dana-dana kesejahteraan masyarakat.
Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan. Auditing, satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berterima umum.

Jurusan akuntansi memang selalu akan dibutuhkan di bilang usaha apapun, tergantung kita sendiri saat kuliahnya , paling popular pekerjaan lulusan akuntansi adalah menjadi auditor. untuk akuntansi sendiri memang peluang kerjanya bagus dan banyak.. karena untuk setiap perusahaan pasti perlu yg namanya bagian akuntansi untuk membuat laporan entah untuk audit. Mengecek persediaan stock of name, tapi kembali lagi ke orangnya sendiri, kalau kita bisa bersaing dan mendapat IPK baik di akuntansi , di jamin peluang kerja banyak. tapi kalau standar ya agak susah, soalnya lulusan akuntansi ini banyak.

Bank bukan saja tempat bekerja mencari nafkah, mendapatkan gaji untuk biaya hidup kita sekeluarga. Lebih dari itu, bank tempat berkarir. Hari ini boleh menjadi pegawai biasa, 3 tahun lagi, harus menjadi Supervisor, 5 tahun lagi berikutnya menjadi seorang Manager menjadi GM dan kalau mungkin sampai menjadi Direktur. Supaya karir kita meningkat, kita harus menunjukan prestasi yang meningkat pula. Bekerja secara professional, dengan selalu meningkatkan kualitas. Mencari pekerjaan bukan merupakan hal yang mudah. Jadi, bagi para pemuda yang telah menyelesaikan bangku kuliah, mencari pekerjaan yang memberikan kemudahan bagi hidup mereka juga tidaklah mudah. Jadi, jika anda sering membaca lowongan di Koran, anda bisa mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan anda sebagai latar belakangnya. Seperti yang kita ketahui juga, sekarang ini latar belakang pendidikan juga tidak penting untuk dipermasalahkan mengingat dunia kerja yang nyata tidak lah berisi teori yang kita dapatkan dibangku kuliah namun merupakan suatu hal yang lebih aplikatif.

Dengan mengetahui bahwa pekejaan merupakan suatu aplikatif, maka pegawai bank merupakan salah satu pekerjaan yang paling diminati karena semua jurusan bisa mendaftarkan dirinya di sini. Menjadi pegawai bank merupakan hal yang sangat menyenangkan. Banyak sekali staf yang bisa adna isi, seperti frontliner, marketing, back office, dan masih banyak yang lainnya.

Pekerjaan ini menuntut waktu yang cukup lama mengingat setelah tutup bank, akan banyak sekali perhitungan yang harus dilakukan. Jadi, jika anda ingin menjadi pegawai bank, siapkan konsekuensi untuk lembur beberapa hari di tiap minggu. Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa jika anda menjadi pegawai bank, tidak menutup kemungkinan akan jenjang karir. Anda yang dibagian bawah bisa saja dipromosikan jabatan oleh kepala anda jika mengetahui bahwa kinerja anda lebih dari pegawai atau staf yang lainnya. Selain itu, jika anda memutuskan menjadi pegawai bank pastikan anda selalu memelihara aset anda sendiri. Penjagaan proporsi bada perlu dilakukan untuk menjaga penampilan.

Semua pegawai bank harus terlihat segar dan menyenangkan menyambut para customer bank. Perekrutan pegawai bank sering kali dilakukan mengingat perluasan cabang bank yang dilakukan secara merata di seluruh Indonesia, jadi semua orang bisa mencoba peruntungan untuk menjadi salah satu staff bank. Baik bank swasta maupun Negara sering kali mencari front liner sebagai tahap awal karir bagi pemula. Jadi, jika anda berminat, silahkan berburu lowongan bank sekarang juga. Gaji yang akan anda terima juga sangat cukup.






by: UNGGUL YUDHA PANGESTU
@Pangestu_UY46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar